Upacara Hari Kesaktian Pancasila, Jonan: Mengheningkan Cipta Bagi Para Pahlawan dan Korban Bencana d

Selasa, 2 Oktober 2018 10:26:02

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan, hari Senin (1/10), memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila Keluarga Besar Kementerian ESDM. Dalam Upacara yang juga dihadiri Wakil Menteri ESDM ini, dibacakan ikrar kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menteri Jonan yang mengenakan seragam Kementerian ESDM tampak datang tepat pukul 08:00 WIB untuk memulai upacara. Mengawali upacara, Menteri Jonan memimpin mengheningkan cipta untuk mengenang arwah para pahlawan khususnya Pahlawan Revolusi juga korban bencana di Sulawesi Tengah dan Lombok Nusa Tenggara Barat.

"Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului kita terutama pahlawan revolusi dan juga untuk mendoakan para korban bencana di Sulawesi Tengah dan Lombok, mengheningkan cipta dimulai," ujar Jonan.

Usai mengheningkan cipta, Jonan kembali memimpin pembacaan Pancasila untuk diikuti seluruh peserta upacara.

Selanjutnya dibacakan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945 dan teks ikrar kebulatan tekad untuk mempertahankan Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

Berikut isi teks kebulatan tekad yang dibacakan oleh petugas upacara:

"Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, kami yang melakukan upacara ini menyadari sepenuhnya:

bahwa sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 pada kenyataannya telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia;

bahwa rongrongan tersebut dimungkinkan oleh karena kelengahan, kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara;

bahwa dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur ideologi Pancasila, bangsa Indonesia tetap dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia;

maka di hadapan Tuhan Yang Maha Esa dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila, kami membulatkan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nila-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jakarta, 1 Oktober 2018
Atas Nama Bangsa Indonesia

Ketua DPR RI

Penulis : Safii

auth: Tim Komunikasi ESDM






BERITA

Selasa, 9 Februari 2016 16:48:53
Rabu, 2 September 2015 10:08:21
Apply
1 2 3 > >>