Arcandra: Tim Siaga Bencana ESDM Lakukan Pemulihan Di Lokasi Bencana Palu

Selasa, 2 Oktober 2018 10:29:40

JAKARTA - Sesuai arahan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan untuk memastikan semua kekuatan sektor ESDM dikerahkan guna memulihkan pelayanan kepada masyarakat Palu dan sekitarnya, khususnya terkait dengan pasokan BBM, listrik, dan air bersih, Ketua Tim Cepat Tanggap ESDM Satry Nugraha beserta tim saat ini sudah berada di lokasi bencana untuk memberikan bantuan bagi para korban di wilayah terdampak.

Wakil Menteri ESDM, Arcandra Tahar mengungkapkan, tim saat ini tengah melakukan tugasnya sesuai dengan kompetensi yang mereka miliki.

"Terkait dengan terjadinya bencana di Palu dan sekitarnya, Kementerian ESDM telah membentuk Tim Cepat Tanggap ESDM yang melakukan tugasnya melakukan pemulihan di lokasi bencana terkait dengan sektor ESDM seperti listrik, BBM dan kegeologian," ujar Arcandra Tahar usai peluncuran Buku Neraca Gas Bumi Indonesia 2018-2027 di Jakarta, Senin (1/10).

"Pertamina selaku penanggung jawab ketersediaan pasokan BBM, saat ini telah memasok BBM di wilayah terdampak melalui jalur darat, laut dan udara menggunakan pesawat dan hari ini mereka sudah memasuki lokasi bencana untuk memasok BBM sesuai kebutuhan," tambah Arcandra.

Demikian juga dengan PT PLN. Tim PLN sudah mulai bergerak untuk melakukan perbaikan-perbaikan serta mempercepat pemulihan pasokan listrik di lokasi bencana. Tim Badan Geologi juga melaporkan, sudah mengirimkan tim untuk membantu penyediaan sarana air bersih bagi masyarakat.

"Kita saat ini fokus untuk memberikan bantuan penyelamatan kepada mereka dan juga usaha-usaha kita menyediakan bantuan awal karena kondisinya sangat kritis maka kita membentuk tim terpadu dan kita minta juga seluruh stakeholder kita untuk membantu baik itu dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) juga dalam bentuk lain," tutup Arcandra.

Sebagaimana diketahui, Menteri ESDM Ignasius Jonan telah memerintahkan Tim Cepat Tanggap ESDM yang bertugas di Lombok untuk segera bergerak ke Palu, karena menurut Jonan kecepatan tindakan kita akan sangat membantu masyarakat korban, bahkan bisa menyelamatkan banyak orang.

Dilokasi bencana saat ini, Tim Cepat Tanggap ESDM yang terlatih dan berpengalaman terlibat langsung untuk melakukan pemulihan. Jumlah tim juga akan terus bertambah sesuai kebutuhan di lapangan. Mereka bergerak di bawah koordinasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Penulis : Safii

auth: Tim Komunikasi ESDM






BERITA

Selasa, 9 Februari 2016 16:48:53
Rabu, 2 September 2015 10:08:21
Apply
1 2 3 > >>